Cara Mengatasi "Windows Explorer has Stopped Working" Pada Windows 7


Sedang asyik menggunakan komputer, tiba-tiba muncul hendela kecil yang berisi tulisan "Windows Explorer has stopped working" Sobat mungkin pernah mengalami masalah ini. Apa akibatnya? Tentu beberapa aplikasi kehilangan souce. Source applikasi berupa file tersimpan dalam hard disk, sementara hard disk tak terbaca. Selain itu, sobat akan kesulitan menyimpan file atau akan sulit menginstall dan mengupgrade. Lebih-lebih, saat "Windows Explorer has stopped working" terjadi, Taskbar akan menghilang dan akan muncul lagi sampai explorer.exe kembali bekerja. Menyebalkan bukan? 

Berikut jawaban resmi dari Microsoft untuk mengatasi "Windows Explorer has stopped working"
  1. Click Start, kemudian ketik cmd pada Start Search box.
  2. Akan terlihat pada results area, click kanan pada cmd, Selanjutnya click  Run as administrator. maka sobat akan dibawa pada Command prompt. Ketikan password sesuai administrator account bila diminta. lalu Click Continue.
  3. Pada command prompt, ketik: Sfc /scannow, dan tekan tombol ENTER. Poses ini akan sedikit memakan waktu, hasilnya ditunjukan dengan persenWindows akan me-repair corrupted files atau missing files. Jika informasi dari installation CD diperlukan, Masukkan CD Windows Installer                      
Sampai saat ini masih belum ditemukan solusi tepat untuk mengatasi "Windows Explorer has stopped working" pada Windows 7. Namun cara yang cukup ampuh yang telah saya temukan adalah dengan melakukan install ulang Windows 7. Namun, jika sudah melakukan install ulang Windows dan "Windows Explorer has stopped working" masih terjadi, cobalah berkonsultasi dengan pakar IT atau ke service center terpercaya.

Jika sobat ada yang memiliki solusi lain untuk mengatasi "Windows Explorer has stopped working", tolong di-share melalui komentar pada posting ini.

1 komentar :

Gon Dir mengatakan...

makasi bat (y)

Poskan Komentar

TERIMAKASIH ATAS KESEDIAAN ANDA MEMBACA ARTIKEL INI.
JANGAN LUPA TINGGALKANLAH SEBUAH KOMENTAR, KARENA 1 KOMENTAR ANDA SANGAT BERARTI DEMI KEMAJUAN SITUS INI.