Mengapa Manusia Lebih Suka Menggunakan Tangan Kanan Daripada Tangan Kiri?

Tentunya telah kita ketahui bahwa otak sebelah kanan mengkoordinir tubuh bagian sebelah kiri, dan bagian otak kiri mengkoordinir bagian tubuh sebelah kanan.Pada umumnya, bagian otak sebelah kiri berkembang lebih baik, sehingga tangan kanan lebih kuat dan lebih luwes daripada tangan kiri. Tetapi, kadang-kadang otak kanan pada orang-orang tertentu justru lebih berkembang dari otak kirinya, sehingga orang tersebut lebih suka menggunakan tangan kirinya.
Jika dihubungkan dengan teori peperangan, seorang prajurit yang lahir dan terbiasa menggunakan tangan akan berkelahi dengan senjata di tangan kanan dan menggunakan perisai di tangan kiri, sementara orang yang kidal akan berkelahi dengan senjata di tangan kiri dan perisai di tangan kanan nuntuk melindungi jantungnya. Faktanya, prajurit kidal memiliki presentase lebih tinggi terkena serangan di jantungnya dan akhirnya tewas, sementara prajurit yang terbiasa menggunakan tangan kanan walau terluka tetapi selamat!
Ada juga fakta yang menyebutkan bahwa orang-orang yang bertangan kidal sering dikaitkan dengan umur yang pendek. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa 13% dari populasi yang berumur 20 tahun bertangan kidal, dan hanya 5 persen dari mereka yang sampai berumur 50 tahun. Dan hampir tidak ada yang sampai berumur 80 tahun ke atas. Kecilnya jumlah orang yang bertangan kidal ini mencerminkan tingginya resiko lingkungan dan biologis mereka. Untuk mengetahui lebih jauh terkait orang kidal, D.F Halpem dan S. Coren merujuk pada catatan yang tertera pada ensiklopedia pemain Bisbol. Di dalamnya termuat data-data yang menerangkan hubungan pemain kidal dengan lama waktu hidup mereka. Disebutkan bahwa pemain yang memakai tangan kanan memiliki harapan hidup 2 % lebih besar dari pemain bertangan kidal.
Beberapa kemungkinan mengenai penyebab hal ini diterangkan sebagai berikut:
1. Kemungkinan tekanan mental saat melahirkan lebih besar bagi wanita yang bertangan kidal.
2. Sistem kekebalan tubuh orang yang bertangan kidal lebih buruk karena adanya pengaruh genetika dan hormon intra-uterine nya.
3. Orang bertangan kidal lebih sering mengalami kecelakaan di lingkungan orang yang memakai tangan kanan.
(Halpern, Diane F., and Coren, Stanley; "Do Right-Handers Live Longer?" Nature, 333:213, 1988.)


Tapi jangan hanya memandang dari kelemahannya saja, ada juga fakta yang menyebutkan kentungan-keuntungan menjadi orang kidal, Salah satunya adalah bisa memproses berbagai rangsangan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tangan kanan.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychology menunjukkan orang kidal lebih cepat merespons rangsangan. Kidal juga memiliki keuntungan dalam bidang-bidang tertentu seperti menjadi pilot jet tempur atau berbicara sambil mengemudi pada waktu yang bersamaan.
Di dalam otak terdapat dua bagian yang hampir identik dan sebagian besar memproses data yang masuk melalui salah satu jalur saraf besar. Tapi, tugas seperti pengolahan bahasa cenderung terjadi di salah satu bagian otak saja. Proses ini pada sebagian besar orang terjadi di belahan otak kiri, tapi untuk orang kidal kemungkinan terjadi di kedua belahan otak.
Seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (17/11/2009) biasanya data ditangkap oleh sisi bagian kanan tubuh (mata kanan dan telinga kanan) lalu pergi ke bagian kiri otak untuk diolah hingga akhirnya manusia bisa mengetahui apa yang dilihat dan didengarnya.
Peneliti dari Australian National University mengungkapkan orang yang menulis dengan tangan kiri kemungkinan memiliki otak yang kondusif dalam pengolahan informasi. Peneliti menggunakan tes yang dirancang untuk menguji kecepatan informasi antara kedua bagian otak.
Studi ini melibatkan 80 orang yang menggunakan tangan kanan dan 20 orang yang kidal. Dalam salah satu tes, komputer akan menunjukkan satu titik entah di kiri atau kanan dari garis pemisah dan partisipan harus menekan tombol yang menunjukkan dimana titik tersebut muncul.
Didapatkan partisipan kidal lebih cepat merespons keseluruhan tugas ini dibandingkan tangan kanan. Dalam tes lain pun tangan kiri lebih cepat mencocokkan huruf yang muncul pada kedua sisi dari garis, sedangkan tangan kanan hanya cepat mencocokkan huruf pada salah satu sisi saja.
“Hubungan antara otak kiri dan kanan lebih besar terhubung pada partisipan yang menggunakan tangan kiri (kidal),” ujar Ketua penelitian Dr. Nick Cherbuin. Ini berarti orang yang kidal memiliki keuntungan dalam bidang olahraga, permainan atau kegiatan lain di mana mereka dihadapkan pada rangsangan secara serempak. Secara teori orang kidal lebih mudah menggunakan kedua belahan otak untuk mengelola rangsangan, sehingga lebih cepat dalam hal proses dan waktu responsnya.
Selain itu, ketika salah satu belahan otak sudah kelebihan beban dan mulai melambat maka belahan otak lainnya dapat lebih mudah mengisi kekosongan. Para ahli juga mengungkapkan orang kidal akan memiliki mental yang lebih baik saat memasuki usia tua di mana kemampuan otak sudah melambat.
Tiap2 orang mempunyai Kelemahan atau kelebihan yg berbeda antara otak kiri dan kanan. Sayangnya Otak kanan hanya digunakan sekitar 10%-30% saja.

Otak kiri berhubungan dengan logika, analisa, bahasa, rangkaian (sequence) dan matematika. Artinya belahan otak kiri berespons terhadap masukan-masukan di mana dibutuhkan kemampuan mengupas/meninjau (critiquing), menyatakan (declaring), menganalisa, menjelaskan, berdiskusi dan memutuskan (judging).

Belahan otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi dan dimensi. Berarti belahan otak kanan berfungsi kalau manusia menggambar, menunjuk, memeragakan, bermain, berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya.

Di pembelajaran yang formal sayangnya latihan lebih banyak menggunakan belahan otak kiri. Jadi anda tinggal melatih sendiri dalam meningkatkan otak kanan. Pembelajaran melalui panca indera penglihatan lebih efisien dan bertahan lebih lama dalam ingatan dibandingkan dengan pendengaran.

Berikut adalah daftar sejumlah orang kidal yang terkenal:

* Albert Einstein
* Harry S. Truman
* Ronald Reagan
* Bill Clinton
* Barack Obama
* Bill Gates
* Leonardo Da Vinci
* Babe Ruth
* Napoleon Bonaparte
* Marie Curie
* Jimi Hendrix
* Tony Iommi(Black Sabbath)
* Dominic Howard (Muse)
* Ringo Starr (Beatles)
* Zacky Vengeance (Gitaris Avenged Sevenfold)
* Phil Collins (Genesis)
* Tom Cruise
* Lord Baden-Powell (Pelopor Gerakan Pramuka)
* Julia Roberts
* Tom Cruise
* Slyvester Stallone
* Bruce Willis
* Keanu Reeves
* Michelangelo
* Raphael
* Robert DeNiro
* Angelina Jolie
* Marilyn Monroe
* Charlie Chaplin
* Noel Gallagher (Oasis)
* Oscar DeLa Hoya
* Valentino Rossi
* Monica Seles
* Iker Casillas
* Petr Cech
* Lin Dan
* Julius Caesar
* Joan of Arc
* Alexander the Great
* Fidel Castro
* Nicole Kidman
* Lionel Messi
* John McCartney (The Beatles)
* Victoria dari Britania Raya
* Kurt Cobain, (vokalis dan gitaris Nirvana)
* Inoran, (gitaris Luna Sea)
* dan masih banyak lagi.... (coba saja cari di Google :)
Albert Einstein

Presiden Barack Obama
Zacky Vengeance

Ada lagi fakta lain seputar orang kidal, antara lain:
1. Rata2 orang orang kidal menggambar benda2 hidup ato mati ke arah kanan…
2. Anak kembar berpotwnsi tinggi untuk jd kidal tpi hnya salah satu dri mereka
3. Orang bertangan kidal bisa melihat lebih jelas di dalam air
4. Kidal lebih jago bermain anggar ,berenang,baseball
5. Orang kidal lebih lambat puber
6. 4 dari 5 desainer komputer macintosh adalah kidal
7. 25% dari astornot di dunia adalah kidal
8. Sejak tahun 1992 setiap tanggal 13 agustus adalah hari anak kidal
9. Kebanyakn gambar di gua purba di buat dgn tangan kiri

Orang kidal kira-kira hanya 9% dari populasi dunia. Pastinya, kita menganggap kalau orang kidal itu "uncommon" atau aneh. Tapi, hasil penelitian dari universitas di amerika membuktikan pada hakikatnya semua makhluk hidup itu kidal. Hal ini disebabkan karena dalam skala molekul, 20 asam amino yang menjadi substansi dasar dari kehidupan mempunyai "orientasi ke kiri". Dengan kata lain, semua makhluk hidup di planet ini seharusnya kidal, karena bergantung pada asam amino essensial yang berorientasi kidal. Karena faktor evolusi dan genetika jumlah makhluk hidup khususnya manusia yang kidal terus berkurang.

Dari: wikipedia : In his book Right-Hand, Left-Hand,[31] Chris McManus of University College London argues that the proportion of left-handers is rising and left-handed people as a group have historically produced an above-average quota of high achievers. He says that left-handers' brains are structured differently in a way that widens their range of abilities, and the genes that determine left-handedness also govern development of the language centers of the brain.
McManus also says that the increase in the 20th century of people identifying as left-handed could produce a corresponding intellectual advance and a leap in the number of mathematical, sporting, or artistic geniuses.
 
Kesimpulannya: Orang kidal memiliki otak yang lebih terstruktur, sehingga mempunyai kemampuan yang lebih dari orang biasa. Kemampuan disini bukan hanya kemampuan intelektual, tapi juga kemampuan estetika(seni), linguistik(sastra), kinestetik (olahraga) dan lain-lain, ungkapan bahwa orang kidal berumur pendek masih belum sepatutnya untuk terlalu diyakini karena kehidupan semua manusia di bumi ini Tuhan-lah yang mengatur.


 Sumber: majalah lama thn 2000, kaskus.com, google.com

6 komentar:

  1. wah, saya ttp pake tangan kanan :D
    banyak juga yg org kidal yg terkenal :D

    BalasHapus
  2. Ya bgitulah sob....
    yg pnting ttp stukuri ap yg diberikan Tuhan....
    wkwkwkwkkwkwkwk :)

    BalasHapus
  3. wah ternyata begitu ya tentang fakta unik tangan kidal, keren ya gan wkwkwk

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca dan berkunjung
jangan lupa tinggalkan sebuah komentar :)