Cara Mengecek apakah PC Terinferksi virus DNS Changer atau Tidak

Virus DNSChanger menyebar dengan cepat ke jutaan komputer dengan memanfaatkan internet. Berikut tips untuk mengetahui apakah komputer Anda tejangkit virus ini atau tidak.

DNSChanger memang bisa dikategorikan sebagai salah satu virus berbahaya. Dengan memanfaatkan kelengahan pengguna ketika browsing, virus ini sudah hinggap di lebih dari 4 juta komputer di 11 negara.

"Penyebarannya paling besar di Amerika Serikat, kalau di Indonesia tidak banyak, paling sekitar 50 ribu," jelas Alfons Tanujaya, pakar antivirus dari Vaksincom, kepada detikINET Selasa (6/3/2012).

Nah, ternyata ada cara yang cukup mudah untuk mengetahui apakah komputer Anda terjangkit DNSChanger atau tidak. Yakni menggunakan situs khusus yang dibuat oleh kelompok kerja DNS Changer. Caranya?

Buka web browser (misalnya Internet Explorer, Firefox, Chrome, atau Safari) kemudian akses salah satu situs di bawah ini.

Apabila hasil test berwarna hijau, maka komputer Anda normal. Namun bila hasilnya berwarna merah, maka setting DNS server dari komputer Anda atau router broadband Anda diarahkan ke server jahat yang dikenal.

Contoh hasil tes DNS di dns-ok.us
Lalu bagaimana jika hasilnya adalah 'positif'? Lihat Cara Memperbaiki Komputer/Router yang terkena Virus DNS Changer.


source: http://inet.detik.com/read/2012/03/06/154658/1859274/323/cara-mendeteksi-pc-yang-terjangkit-virus-dnschanger
dengan sedikit perubahan dan penyesuaian

2 komentar:

Terimakasih telah membaca dan berkunjung
jangan lupa tinggalkan sebuah komentar :)