Pengenalan Dasar-Dasar Pemrograman

Halo semua, sudah lama tidak ngepost di blog ini karena ada kesibukan sejak ujian nasional di bangku SMK hingga kemarin saat hari terakhir UAS semester pertama di kampus STIKOM BALI (Halllaahh sok sibuknya kebangetan :p) 

Dan sekarang dengan sejumlah semangat untuk menghidupkan kembali blog ini akhirnya saya memutuskan untuk membuat posting baru. Pada post kali ini saya akan membuat tentang apa saja yang sudah saya pelajari selama kuliah khususnya tentang pemrograman atau bahasa kampungnya adalah programming :p. Di kampus saya mulai dengan pengenalan dasar pemrograman, berikut sekilas rangkuman saya.

1. APA ITU PEMROGRAMAN?
Menurut penjelasan dari dosen saya, pemrograman adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Selain itu, ada juga yang mengartikan bahwa pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuag bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer

2. BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman adalah suatu komando atau perintah yang dibuat manusia untuk membuat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman juga merupakan suatu susunan aturan penulisan (syntax) yang menbentuk kode kode yang kemudian akan diterjemahkan oleh program compiler menjadi bahasa rakitan (assembly) dan kemudian diolah hingga bisa dimengerti oleh mesin karena perangkat komputer hanya mengerti bahasa mesin.

Secara garis besar bahasa pemrograman dapat digolongkan menjadi dua berdasarkan tingkatannya, yaitu  : 
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Yaitu bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin, kode mesin adalah satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh CPU. Contoh dari bahasa tingka rendah yang umum digunakan adalah Assembly
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
 Bahasa Pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang memiliki ciri-ciri lebih mudah dimengerti karena mengandung kata kunci yang manusiawi atau mendekati bahasa manusia sehari-hari, pada umumnya mendekati bahasa Inggris seperti, begin, end, if, for, while, dsb.

 3. MACAM-MACAM BAHASA PEMROGRAMAN
Ada sangat banyak bahasa pemrograman dalam dunia komputer, diantaranya: 
ASSEMBLY, C, C++, C#, JAVA, PYTHON, RUBY, PHP, HTML, DELPHI, ASP.NET, XML, JAVASCRIPT, CSS, DLL    

Bahasa pemrograman ada yang berbasis desktop seperti C, C++ (baca si ples ples), C# (baca si sharp), Java, Delphi dsb. Dan ada pula yang berbasis web seperti ASP.NET, PHP, HTML dsb. Selain untuk membuat program aplikasi desktop maupun web, pemrograman juga merupakan sebuah senjata utama dalam dunia robotik disamping ilmu elektro analog dan digital.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca dan berkunjung
jangan lupa tinggalkan sebuah komentar :)